Sumarnah: Anak Menjadi Penyemangat Saya

Kondisi buah hati menjadi alasan penguat bagi seorang ibu untuk berjuang meningkatkan taraf hidup keluarganya, tanpa menggantungkan harap pada orang lain.

Sumarnah (36 tahun), ibu rumah tangga yang menjalani tanggung jawab tersebut.

Sehabis Isya, selepas mengurus rumah dan melayani pelanggan di warung miliknya, Sumarna (36 tahun) menyusuri sudut jalan dan gang mencari toko kelontong dan tempat makan di sekitar Jalan Raya Cadas, Tangerang, Banten. Bermodalkan handphone dan kepercayaan diri, ia memperkenalkan diri dan menawarkan produk-produk yang dijual melalui aplikasi bernama BIG Agent.

“Bu, saya Sumarna dari aplikasi BIG Agent. Saya mau menawarkan produk-produk kualitas terjamin. Ada minyak, beras, kopi sama produk lainnya juga ada bu, macam-macam brand ada. Tapi sebelumnya, saya boleh tau produk apa saja yang laku di warung ibu?” ujar Sumarna saat ditemui di rumahnya, Tangerang, Banten (20/9).

Itu merupakan sepenggal cerita Sumarna selama bekerja sebagai Sobat Agent (pengguna aplikasi BIG Agent). Selain karena menyadari ekonomi keluarganya gak bisa bergantung hanya pada penghasilan suami, “Teteh Nana” -begitu ia akrab disapa- melakukan ini untuk membantu biaya kontrol perobatan bagi anaknya yang mengalami kecelakaan lima tahun silam. 

Dengan didorong kebutuhan-kebutuhan tersebut dan waktu luang yang ia miliki, Teh Nana mengambil tiga jenis pekerjaan di aplikasi BIG Agent sekaligus yakni survei, promosi dan akuisisi. Bersyukurnya, ini bisa mengisi pundi-pundi tabungan yang dibutuhkannya.

“Pas duit pertama (komisi dari BIG Agent) cair, langsung bisa saya tabung buat bayar kontrol (perobatan) anak saya. Untung ada BIG Agent, Alhamdulillah keluarga jadi terbantu. Sekarang ini susah banget cari kerja. Saya hanya lulusan SMP, usia juga sudah cukup tua,” tuturnya.

Ibu dengan anak dua ini mengaku mengenal BIG Agent dari saudaranya. Ia pun tertarik dan ikut menemani saudaranya berkeliling menawarkan produk-produk Ralali.com ke warung dan toko.

“Pertama kali belajar sama saudara. Tadinya kagak ngerti sama sekali. Besoknya, saya didaftarin dan nekat aja jalan sendiri. Mana saya kagak ngarti (tidak mengerti) cara menggunakan HP Android. Untungnya fitur BIG Agent ini mudah dimengerti. Jadi udah bisa dikit-dikit lah,” tuturnya.

Selain penghasilan tambahan, kemudahan yang ia dapatkan adalah waktu yang fleksibel. Nana dapat membagi waktu antara mengurus anak, menjaga warung kelontongan miliknya dan bekerja di BIG Agent.

“Enaknya di BIG Agent, kita gak terikat. Bisa kapan aja,” jelas Nana seraya melayani pembeli di warungnya.

Meski demikian, Nasib Nana juga tidak selalu mujur. Ia pernah juga mendapat penolakan dari sejumlah warung yang didatangi. Akan tetapi Nana terus menjaga mental dan semangatnya menjual produk-produk yang tersedia di aplikasi BIG Agent.

“Baru ngomongAssalamualaikum”, langsung ditolak. Disangkanya saya minta sumbangan. Pernah juga seharian keliling, tidak ada yang berminat. Tapi pas lihat e-mail kerjaan disetujui, saya jadi semangat lagi,” ujarnya. Namun ia tak khawatir lagi karena BIG Agent kini telah memberikan kelas pelatihan dan diskusi sesama sobat agent setiap bulan di berbagai daerah, untuk meningkatkan kualitas dan kemapuan sobat agent melakukan pekerjaaan di lapangan. 

Suami Mendukung

Dalam menjalankan pekerjaannya, Ia juga didukung suami berkeliling mendatangi warung dan toko kelontong, melakukan survei terkait produk apa saja yang laku. Kemudian menawarkan produk-produk yang dijual melalui pekerjaan terdaftar di aplikasi BIG Agent.

“Suami mendukung banget. Kadang jalan bertiga ditemenin anak saya yang paling kecil. Rata-rata yang paling laku kopi dan minyak kalau di warung makan atau toko bahkan juga grosir-grosir. Apalagi pas lagi ada barang promo, banyak yang nanyain, tuh,” tuturnya.

Kegigihan Nana pun turut memantik orang-orang di sekitarnya untuk bergabung menjadi sobat agent, sebagaimana orang-orang di sekitar melihat nana yang terbantu secara ekonomi dan mendapat peluang kerja dari BIG Agent di usia yang tak lagi muda.   

Teh Nana merupakan 1 dari 300.000 Sobat Agent di seluruh Indonesia yang tergabung dalam platform BIG Agent, yang notabene merupakan bagian dari ekosistem digital Ralali.com. BIG Agent sebagai on demand business platform mengkolaborasikan antara SDM (manusia) unggul dengan inovasi teknologi yang akan menciptakan konektivitas dan inklusivitas untuk pengembangan usaha pelaku bisnis dan prinsipal di Indonesia secara masif dan berdampak sosial. 

Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi