8 Kesalahan yang Bikin Smartphone nggak awet

Kesel nggak sih kalau handphone kesayangan, atau baru beberapa bulan pakai udah mulai rusak atau error? Ya, bisa saja sih itu karena kesalahan dari pabrik, hingga penggunanya sendiri.

Kebiasaan yang berbeda, dan cara seseorang memperlakukan barang yang dimiliki juga berpengaruh pada umur pemakaian gadget itu sendiri loh!

Wah, kira-kira kebiasaan apa saja ya yang bikin smartphone kamu cepat rusak? Ini dia alasannya

1. Aplikasi yang dibiarkan terbuka

Paling mendasar tapi menjadi kebiasaan yang ternyata bisa memakan daya tahan baterai loh! Ini bisa terjadi karena aplikasi yang terus terbuka, terus berjalan sebagai background.

2. Cahaya layar yang terlalu terang

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau kecerahan layar yang terlalu tinggi bisa menyedot baterai, dan membuat smartphone panas. Jadi nggak heran kalau kesalahan yang jarang diketahui orang ini, menjadi alasan kuat smartphone kamu tidak awet.

3. Mencharge smartphone terlalu lama

Sering membiarkan handphone menempel pada charger terlalu lama? Wah, berarti kamu harus mulai membiasakan untuk mengatur timer saat mengisi daya baterai. Pasalnya daya yang berlebihan bisa membuat baterai panas, dan usia baterai semakin singkat. 

4. Meletakkan handphone di tempat tertutup

Jarang disadari tapi sangat berpengaruh terhadap smartphone, kenapa? Sederhana smartphone yang tertutup barang-barang di permukaannya akan memicu panas, dan lagi-lagi baterai pun cepat rusak. Kalau tidak mau terjadi ada baiknya kamu hindari sekarang deh kebiasan ini.

5. Menggunakan charger tidak resmi

Tahukah kamu beberapa kasus terbakarnya smartphone yang muncul di sosial media, penyebabnya sendiri ada bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena menggunakan charger bukan original.

Harga yang murah tidak selalu berarti buruk, namun jika kualitas kabel dan adaptor yang kurang baik bisa menyebabkan hal negatif terjadi. Makanya hindari yuk!

6. Jarang update software terbaru

Siapa nih yang suka mengabaikan notifikasi software terbaru? Memang sih untuk mendownload dan install akan membutuhkan paket data, tapi dengan melakukan request yang ada, kamu sedang memperbaiki bugs yang ada pada software kamu.

7. Membiarkan Baterai hingga nol persen

Memang penurunan daya baterai tidak bisa dihindari, tapi kita bisa memperlambatnya loh dengan menggunakannya dengan baik, caranya juga mudah dengan tidak menghabiskan baterai hingga nol persen. Disarankan untuk mengisi daya saat 30%.

8. Vibrate mode on

Wah, seringkali untuk menghindari suara yang mengganggu orang lain, seringkali kita menggunakan mode getar saat mendapatkan notifikasi, namun sayangnya penggunaan ini hanya akan menambah beban smartphone. Untuk meminimalisirnya cobalah untuk menggunakan mode getar untuk yang penting saja.

Itu dia kebiasaan yang sering dilakukan namun jarang diketahui. Hindari sekarang juga ya, jika ingin smartphone kamu berumur panjang.

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi