Hoax vs Fakta: Covid 19 Menyebar Lewat Udara

Waspada boleh panik jangan! Apalagi dengan adanya berita-berita yang menyebar tapi belum tentu diketahui kebenarannya. Pasalnya banyak pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk mencari keuntungannya sendiri.

Nah, untuk itu kamu perlu untuk menjadi warga negara yang bijaksana dan pintar menanggapi berita yang ada, misalnya saja banyak pihak yang mengatakan jika virus Corona dapat menyebar melalui udara, lalu bagaimana kebenaran berita itu sendiri?

So, World Health Organization (WHO) sendiri sudah membantah dan menekankan kalau virus Corona hanya bisa tertular melalui droplets atau air liur dari orang yang terinfeksi. Hal ini sendiri bisa berpindah saat orang tersebut bersin, batuk, berbicara, maupun saat air liur jatuh mengenai permukaan benda. 

Dalam postingan update dalam akun Instagram terbarunya, WHO juga mengatakan kalau penularan lainnya bisa terjadi melalui jarak 1 meter, ataupun saat menyentuh benda yang terkontaminasi, dan menyentuh area wajah.

Cara Menjaga Diri Dari Virus Corona 

  • Physical Distancing

Menjaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain, kita bisa menekan penyebaran COVID-19 dengan tidak menularkannya kepada orang lain, terlebih lagi jika kita berada di lingkungan yang dekat dengan orang tua atau mereka yang memiliki penyakit bawaan. Bahkan BBC juga menuliskan kalau orang yang membawa Corona bisa menularkan pada rata-rata 2-3 orang pada tahap awal.

  • Menjaga Kebersihan 

Mencuci tangan selama 20 detik menggunakan sabun, dan air mengalir juga nggak kalah penting loh! Karena kuman itu bisa menyebar lewat mana saja seperti gagang pintu, uang, keran dan alat makan sekalipun. So, jangan menganggap sepele soal mencuci tangan ya. Jangan lupa untuk menghindari menyentuh hidung, mulut, dan mata, terutama ketika berada di tempat umum. 

  • Menutup Mulut Dengan Benar

Nah, selain melakukan pencegahan COVID 19 dengan melakukan social distancing dan menjaga kebersihan, jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk dengan bagian siku  dalam. 

WHO berpesan COVID 19 bukanlah penyakit main-main, dan bisa berakibat fatal, namun masyarakat diharapkan tidak panik, serta terus mengikuti aturan dari pemerintah. Jika ada teman atau keluarga yang masih menganggap remeh virus ini, yuk sama-sama kita mengingatkan mereka kembali untuk kebaikan bersama.

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi