Tips Mengatur Dompet Agar Aman Hingga Akhir Bulan

Merasa panik melihat saldo di tengah bulan? Hmm, hal kecemasan ini terjadi karena beberapa faktor salah satunya adalah karena kurang tepatnya cara mengatur keuangan. 

Karena memang harus diakui hal yang terlihat sederhana seperti planning dan perencanaan dalam finansial berpengaruh terhadap keuangan loh! Mengingat pentingnya hal di atas dari itu di kesempatan kali ini mimin mau berbagi tips & trik cara mengatur keuangan untuk sobat Agent agar kantong aman hingga akhir bulan.

Buat Skala Prioritas 

Bijak untuk bisa menentukan dan memilih prioritas mana yang harus diutamakan terlebih dulu. Untuk memudahkannya buatlah daftar prioritas dari paling tinggi ke rendah. Pisahkan juga yang mana kebutuhan dan keinginan. 

30:20:50

Apa sih yang dimaksud dengan angka di atas, jadi begini loh sobat Agent perlu kamu tahu saat mendapatkan penghasilan setiap bulannya, pastikan kamu sudah membaginya dengan proposional. Secara persentase dapat dibagi 30 persen untuk ditabung 50 persen untuk dana darurat, sedangkan 20 persen untuk bersenang senang. Bukan masalah jika belum bisa melakukannya, mengingat kebutuhan setiap orang yang berbeda.

Detail 

Selain membuat skala prioritas, dan membaginya secara proporsional, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran-mu ya! Meskipun terlihat kecil hal sederhana ini bisa membawamu ke masa depan yang lebih baik. Dengan mencatat secara rinci kamu juga bisa menghitung dimana pengeluaran terbesarmu, yang bisa menjadi penyebab kondisi keuangan menjadi bermasalah di akhir bulan.

Waspada Untuk Segala Situasi!

“Sedia payung sebelum hujan” mungkin sudah menjadi pepatah yang sering kamu dengar, tapi sepertinya tidak mudah untuk dilakukan ya, apalagi menyangkut soal keuangan. Besarnya keinginan yang tidak selaras dengan kemampuan, terkadang membuat banyak orang rela menghabiskan dana darurat mereka untuk mendapatkan yang mereka inginkan. 

Memang mengatur keuangan tidak semudah teorinya, tapi belajarlah sedikit demi sedikit agar nantinya kamu terbiasa. Semangat terus ya sobat Agent dimanapun kalian berada.

Nah, itu dia tips cara mengatur keuangan untuk yang bisa diterapkan oleh para pengusaha. Jangan lupa lakukan cek kesehatan keuangan kamu agar usaha tidak terhambat.

Untuk mengetahui insight bisnis lainnya seperti peluang usaha bisnis martabak, aneka resep martabak, bisnis minuman kekinian, atau bubble drink yang lagi hype banget, sampai konsep coffee shop sederhana, semuanya bisa kalian dapatkan di link yang sudah disediakan

Share yuk kesini
Masih belum menemukan jawaban? Yuk hubungi kami
Hubungi